Sabtu, 22 Mei 2010

Pesawat TunasNgapak



Hahahaaaaa..akhirnya pesawat pertama buatan tangan sendiri berhasil diwujudkan.,pesawat ini saya beri nama TunasNgapak.,Kenapa namanya TunasNgapak??saya juga gak tau kenapa.,


Ya walaupun ga 100% buatan tangan sendiri karena ada yang bantuin juga.
Ceritanya di mulai tanggal 3 Mei di markas seribubintang.,kami (saya, mas yasin,dan prima) bareng-bareng bikin pesawat.,bahannya mudah saja seperti gabus.,kemudian lem gabus.,cutter.,hot wire.,amplas.,kawat dan komponen elektroniknya (ESC,motor brushless,propeller,micro servo)
Karna saya belum bisa mendesain pesawat sendiri.,akhirnya nyontek dah dari punya pak Toha (nyang punya seribubintang).,yah jangan heran kalo pesawat saya dan prima mirip.,karna memang desainnya nyontek dari sumber yang sama...wkwkwkkkk.....
Singkat cerita akhirnya jadi juga pesawat yang kami buat.,sebenarnya satu hari saja udah cukup untuk buat satu pesawat.,tapi karena saya masih awam ya akhirnya butuh 3 hari untuk bisa selesai semua dan siap terbang..

Hahahaaa..Tanggal 6 Mei terbang perdana di sawah.,tapi saya takut terbangin (lebay mode on)., Terus gmna donk???akhirnya saya cuma nonton pesawat saya terbang.,alias minta tolong di terbangin orang.,waktu itu minta tolong di terbangin ama mas Yasin...
Senang rasanya liat pesawat buatan saya ini bisa terbang.,paling ngak sudah terbukti bahwa benda yang dibuat 3 hari ini bisa terbang...wkwkkkkk (walopun cuma nonton...)
Karena kurang puas dengan nonton akhirnya tanggal 7 Mei saya nekat terbangin dah.,dengan modal latihan di simulator (padahal terakhir kali pegang simulator sekitar sebulan yang lalu)..
Sekitar jam 2an pergi lagi dah kesawah.,tapi jelas kali ini saya yang terbangin.,karena saking ngebetnya nerbangin tu pesawat mpe g sadar kalo angin lagi kenceng-kencengnya..
Whahahaa..ternyata pesawat berhasil naik..tapi sayang g lebih dari 4 detik pesawat bisa terbang.,karena pilotnya bingung+grogi+deg-deg an (pilotnya=saya sendiri)..wkakaaaaa..Jatuh dah tuh pesawat.,Ternyata setelah liat sekitaran sawah banyak orang nyang ngliatin.,wkwkwkkkk malu mode on dah..
Sial ternyata propeller patah., dan moncong depan pesawat bengkok.,Tapi tetap keliatan tenang di depan orang-orang walopun mikir juga seh.,Eh ternyata masih punya cadangan 1 propeller lagi..

Akhirnya setelah perbaikan sana-sana dan sini-sini akhirnya hari itu masih bisa terbang lagi jam 5 sorean..Siap ternyata setelah berhasil naik ke atas kabel ESCnya putus.,mati dah tu motor.,untung pesawat gak jatuh ke parit yang penuh air..
Akhirnya setelah sehariannya mencoba.,pulang juga dengan rasa penasaran.,kok bisa sial banget hari ini.,propeller patah.,moncong depan bengkok.,dan kabel ESC putus....Pulang kerumah dan ambil solder langsung di solder tu ESC.,

Besoknya tanggal 8 Mei (Hari sabtu=kampus libur) pagi-pagi sekitar jam stengah 7an pergi lagi ke sawah buat terbangin tu pesawat.,dan hasilnya sangat memuaskan untuk pemula seperti saya..bisa terbang dan gak cuma 4 detik..hahahaaaaaaa..
Masih dengan perasaan deg-deg an akhirnya nekat terbangin muter-muter di atas eh gak nyadar ternyata terbangnya kurang tinggi (padah menurut saya udah tinggi) dan akhirnya nabrak tembok kost2an lantai 2..
Mampus nabrak tembok nih..Langsung dah panik mode on.,tapi ternyata pesawat masih segar bugar..
Karna masih belum puas dan ngebet pengin terbang lama akhirnya tanggal 9 Mei (Hari minggu pagi) berangkat kesawah lagi dan kali ini terbangnya lumayan oke.,dan nyantai.,cukup menikmati.,gak begitu deg-deg an.,lumanyan enjoy dan sangat puas.,wkwkwkkkkkkk....

Pic pesawat setelah terbang beberapa kali...







Yah itulah sedikit cerita tentang aktivitas saya sebagai pilot awam tanggal 3 Mei, dan 6 - 9 Mei...Wkwkkkkkk.,salam mabur....

5 komentar:

  1. weh ji gawe stiker tho?nitip Q..hehehe..

    BalasHapus
  2. ji..wes kno d koment thoo..gantian yooh..tito,fatah wae isoh kument nek gonku kok..

    BalasHapus
  3. Telat titipe prim 55cm x 5cm prim 10rb..sebelah jembatan teknik sek anyar belok kiri

    BalasHapus
  4. minta tolong kirimin data bahan2 dan ukuran serta plannya mas ke email ku di yoeli_an91@yahoo.co.id makasih lho mas

    BalasHapus
  5. waduh nanti saya cari data2nya dulu.. udah lama bgt soalnya.. :)

    BalasHapus