Jumat, 02 April 2010

7 Segment Display

Kali ini mari ngebahas 7 segment, tau 7 segmentkan? yup that's right, itu lho kayak yang di peremptan jalan, but we will not discuss about display in intersection.
So disini kita menggunakan 7 segment yang little size, untuk pertama kita ngontrol 1 digit aja dulu ya.(heheee alesan pengen yang simple)

7 segmen sendiri ada dua tipe, yaitu Common Anoda (CA) and common cathode (CC).
Klo menuru saya sih 7 segment itu led sebanyak 8 buah yang disusun sedemikian hingga dapat digunakan untuk menampilkan angka dan beberapa huruf. Kaki - kaki 7 segmen ada 10 buah (Kalo g salah itung), 8 untuk tiap-tiap led, teyus 2 buat saklar on/off.

Untuk 7 segment type common anode, maka jika CA dihubungkan dengan VCC, led pada tiap segment akan menyala jika diberi logika '0' (low).
jadi kalo pake yang common cathode ya berarti berlawanan dari yang common anode.

that's is 7 segment schematics.

Kecil amat yah gambarnya, kyknya tadi gede kok. Nah ini rangkaian 7 segment CA. Selain itu terdapat tambahan transistor BC557 sebagai saklar buat ngaktifin dan nge off in si 7 segment.Penjelasannya gini

Saat PORTA.0 tu bernilai 0 maka transistor akan menjadi aktif atau saklarnya nyambung, tapi ini belum bisa untuk menyalakan 7 segment, untuk membuatnya menyala maka PORTB.0 - PORTB.7 harus bernilai 0 juga. Nah barulah 7 segment biasa nyala.

Kalo softwarenya bisa ambil disini, ada dua macem softwarenya yang pertama buat nampilin angka 7, sedangkan yang program kedua buat nampilin angka 0, terus 1, terus 2 dan terus 3. Program yang kedua akan nampilin angka2 itu terus menerus, kalo terlalu cepet tinggal di ubah delaynya.

Udah dulu yah. Jumpa lg di posting selanjutnya.

Jika ada kesalahan dalam tulisan mohon maaf, dan tolong dibenerin yank biar yang lain yang baca g ikutan salah jg. d"-"b Otre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar