Jumat, 02 April 2010

Basic of H-Bridge

OKe let's learn about H-bridge, from basic H-bridge to Expert.
Oke mari blajar tentang H-bridge, tapi ya mulai dari yang dasarnya dulu habis tu baru ke tingkat yang lebih expert.

Pada umumnya rangkaian H-bridge bisa dibuat dari:
  1. Menggunakan Relay
  2. Kombinasi relay dan transistor
  3. Menggunakan tansistor, atau MOSFET
  4. Pake IC (Khusus dibuat untuk driver motor)
  5. Pake tangan, alias manual pake saklar on/off, heheeee..
Tapi kyknya cara yang no. 5 ini jarang dipakai di dunia robot.

H-Bridge yang kita pelajari disini adalah untuk motor DC, karna ada some type of motor such as motor servo,motor stepper, motor brushless, motor AC. Pembahasan tentang tipe2 motor ini akan dibahas di topik khusus motor.

Pernah main tamia?atau paling nggak, pernah liat tamia lagi jalan di lintasan, atau lebih parah lagi tau yang namanya tamia. Nah ini mainan juga digerakan menggunakan motor DC dengan prinsip yang paling simple. Only with saklar on/off.

Simple kan tinggal pencet saklar, langsung dah wus jalan tuh motor, tapi klo dengan simple saklar di atas arah putaran motor hanya akan satu arah saja(namanya jg simple pasti banyak kurangnya)

Lalu bagaimana biar bisa muter dua arah, alias bolak-bolak(ini masih searah dink), magsudnya bolak-balik (ini baru 2 arah), maka dikembangkan rangkaiannya menjadi sebagai berikut

Kalo dengan empat saklar begitu maka motor bisa berputar 2 arah alias bolak-balik, kerjanya gini, waktu saklar 1 connect dan saklar 4 connect maka akan ada arus yang megalir dari 1 ke 4 maka jalanlah motor tersebut, namun jika yang connect adalah 3 dan 2 maka akan mengalir arus dari 3 ke 2 yang menyebaban motor berputar tapi arahnya berlawanan.
Trs kalo yang nyambung 1 dan 2 gmn?ya berarti arusnya mengalir dari 1 ke 2 artinya ga da arus yang melewati motor, it mean motor still not move.

current will flow from positif pole to negatif pole (bnr g nulisnya?), arus akan mengalir dari kutub positif ke negatif, aliran dari arus ini disebabkan adanya pergerakan elektron dari pole negatif ke pole positif.

Jadi setahu saya, arah arus akan selalu berkebalikan dengan arah elektron.

Begitu dulu yah, see you next time, for next step to be expert.

bila ada kesalahan dalam penjelasan dan penulisan b.inggris (maklum masih belajar) di atas mohon maaf dan tolong di benerin yak biar yang lain yang baca g ikut salah, d"-"b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar