Jumat, 02 April 2010

MOTOR DC

Motor DC ( Direct Current), motor dc ini digerakkan menggunakan arus yang bertipe searah, yaitu arus yang pole nya tidak berubah, yang positif ya positif, yang negatif ya negatif terus, contohnya baterai. Berdasarkan pengalaman saya dari waktu dibeli mpe dibuang tu baterai g pernah berubah kutubnya.
Berarti ada yang bertipe tidak searah, yuk bener bgt ada yang namanya arus AC ( Alternating Current ).
Arus AC ini memiliki kutub yang selalu berubah-ubah dari positif ke negatif dan dari negatif ke positif. Contonya adalah sumber listrik dari PLN, tegangan dari PLN masih berupa arus AC.
OKE kembali ke topik motor DC.

Pada motor DC terdapat dua bagian yaitu bagian yang bergerak rotating (rotor) dan bagian diam stationary (stator).
Bagian yang diam ini adalah magnet, dan bagian yang bergerak adalah kumparan. Kenapa motor ini bisa bergerak?why?
Seperti kita ketahui bahwa jika dua buah magnet yang sama kutubnya didekatkan maka kudua magnet tersebut akan saling tolak menolak, jika beda kutub yang didekatkan maka magnet tadi akan saling tarik-manarik

lho kok bisa padahalkan kumparan bukan magnet?yoi bener bgt kumparan bukan magnet, tapi bagaimana jika kumparan yang dililitkan pada besi dialiri listrik?dengan dialiri listrik maka kumparan tadi akan menghasilkan medan magnet, diamana medan magnet yang dihasilkan sesuai dengan prinsip kaidah tangan kiri, nah itu dia bagaimana motor ini bisa bergerak dengan memenfaatkan gaya tolak-menolak dan tarik- menarik dari medan magnet.

Keuntungan dari motor DC ini adalah biaya produksi yang murah, dan sangat mudah untuk di kontrol. Kekuranganya sih umurnya yang pendek, dan sering di ganti bagian komutatornya, komutator adalah cicin belah yang menjadi satu bagian dengan kumparan, karena bagian komutator ini mengalirkan arus dari power supply ke kumparan yang terus berputar, sehingga akan cepat rusak, sebab terus bergesekan dengan brush.


Nah begitulah yang saya ketahui tentang motor DC.
Jika terdapat kesalahan dalam tulisan mohon dimaafkan dan tolong dibenerin biar yang lain g inkut salah. d"-"b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar