Sabtu, 03 April 2010

Motor Servo

Motor Servo merupakan salah satu komponen elektromekanik, motor servo yang beredar di pasaran ada dua macam yaitu yang hanya berputar maksimal 180 drjat (standart) , dan yang bisa perputar 360 drjat (continous).
Servo sering digunakan sebagai aktuator pada robot, digunakan juga pada dunia aeromodeling , jika pada pesawat sebagai penggerak aileron, rudder, elevator, atau mengatur kecepatan engine pada helikopter.
Yang sering digunakan adalah servo jenis standart, sedangkan untuk mengerakan servo digunakan yang namanya PWM (Pulse Width Modulation). Tegangan input bervariasi tergantung dari si produsen servo, yaitu antara 4,6 - 6 volt. Tapi biasanya digunakan tegangan 5 Volt.
Motor servo berbeda dengan motor yang lainya karena pada motor servo kita tidak mengatur kecepatanya, tapi mengatur besar sudutnya. Maka dari itu pada servo selalu terpasang sensor sebagai feedback yang menentukan nilai sudut. Pada servo terdapat 3 kabel warna (warnanya tergantung vendor nya), biasanya berwarna merah (untuk VCC), hitam (untuk ground), dan kuning atau putih (untuk input signl PWM).
Berikut contoh bentuk dari motor servo HITEC


Ada beberapa faktor yang diperlukan dalam memilih servo
  1. Torsi (Torque)
  2. Kecepatan (Speed)
  3. Tingkat kepresisian sudut (Smooth)

Torsi yang besar diperlukan jika akan melakukan operasi yang berat. Biasanya semakin besar torsi dari servo maka butuh tegangan input yang makin besar, dan kecepatan untuk mecapai sudut akan lebih lama.

Kecepatan diperlukan untuk memberi respon yang cepat terhadap kondisi luar. Tapi jika kecepatan servo baik, maka torsinya tidak terlalu besar.

Untuk tingkat kepresisian adalah berhubungan dengan tingkat keakuratan sudut yang dapat dibentuk oleh servo tersebut. Semakin presisi sudut yang dibentuk maka artinya semakin bagus, tapi terkadang kecepatana dan torsinya juga semakin turun.

Intinya jika ketiga-tiganya semakin bagus maka harga servonya makin mahal..heheheeeee..
Trs gimana donk?ya belilah sesuai kebutuhan aja..heheheeee

Untuk membentuk sebuah sudut pada servo diperlukan PWM yang berbeda tiap sudutnya, pada umumnya total lebar adalah 20ms, dengan pulsa high '1' antara 1-2ms dan sisanya antara 18-19 ms adalah pulsa low '0'

Untuk membentuk sudut 0 drajat biasanya diguanakan pulsa high dengan lebar 1ms, dan pulsa low 19 ms
Sedangkan untuk membentuk sudut maksimal( 180 drjat) digunakan pulsa high dengan lebar 2ms, dan pulsa low selebar 18 ms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar